Kamis, 07 September 2017

LAHIRNYA REAKSI (REMAJA AKTIF LOSARI) YANG BARU

Pembukaan Acara Penyematan REAKSI 
Oleh Kepala Puskesmas Losari
Rabu, 6 September 2017, merupakan Hari Penyematan Anggota REAKSI baru yang diselenggarakan di Aula UPT Puskesmas DTP Losari. Penyematan disaksikan oleh lintas sektor yang hadir (Komite dan Guru Pembina UKS, Perwakilan Polsek, UPT Pendidikan Losari, Ketua MUI Losari, Kepala KUA Losari, P2KB P3A, dan PKK) dan diserahkan oleh Perwakilan Kecamatan (Sekretaris Camat, Pak Widi). Lahirnya Generasi REAKSI KE-2 ini diseleksi melalui proses seleksi yang panjang yaitu Tahap 1 (Seleksi Formulir dan Essay) dan Tahap 2 (Seleksi Wawancara). Hal ini dimaksudkan agar anggota REAKSI yang terpilih bisa menjadi perwakilan sekolahnya dan “BERKOMITMEN” untuk dibina selama 8 bulan.

       Remaja Aktif Losari (REAKSI) merupakan suatu komunitas kesehatan yang anggotanya terdiri dari siswa SMP dan SMA atau Sederajat yang terpilih melalui seleksi dan dinaungi oleh Pihak Kecamatan Losari sebagai Ketua TP UKS tingkat Kecamatan, Sekolah SMP dan SMA di Wilayah Kerja UPT Puskesmas DTP Losari dan UPT Puskesmas DTP Losari. Harapannya bahwa REAKSI dapat menjadi KKR (Kader Kesehatan Remaja), Peer Educator, dan Peer Konselor di sekolahnya masing-masing.
        “Masa Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak sehingga pada masa tersebut, remaja masih labil dan sering terlibat Kenakalan Remaja (Juvenile Deliquency). Tidak heran, ketika sekarang banyak media yang memberitakan tentang tindakan remaja seperti merokok (24,7%), seks bebas (0,5%), perilaku beresiko seks bebas (55,3%), minum-minuman beralkohol, tawuran, dan lain-lain (Survei Tim Pencerah Nusantara IV, 2016)”.
     Oleh karena itu, REAKSI hadir sebagai Gate (Gerbang) untuk Memantau kesehatan remaja, Pusat informasi kesehatan remaja, Menurunkan angka seks pra-nikah, Meningkatkan partisipasi remaja dalam pembangunan kesehatan, Meningkatkan kapasitas remaja losari dalam UKS, dan Menjadikan Remaja yang lebih Produktif.
Anggota REAKSI Sedang Mendengarkan Pembahasan Tujuan REAKSI
“Kegiatan REAKSI ini sangat bagus yang bertujuan sebagai PEER KONSELOR karena Remaja biasanya akan lebih nyaman bercerita dengan teman daripada orangtuanya. Nantinya, Remaja yang sudah dibekali, diharapkan akan memberikan nasehat kepada teman disekitarnya”, tanggapan dari Kepala KUA Losari saat pembahasan Kesepakatan Pelaksaanaan Kegiatan REAKSI.
            
Seluruh rangkaian acara telah dipaparkan, Jadwal dan Pendanaan untuk kegiatan REAKSI dibahas dan akan segera ditindaklanjuti. Pihak Komite dan Pembina Sekolah dan Lintas Sektor lainnya mendukung kegiatan REAKSI ini sesuai dengan perannya masing-masing serta bersedia menjadi narasumber dalam pembinaan anggota REAKSI. Acara tersebut ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Salam-salaman dengan Kader-Kader REAKSI.

Foto Bersama Dengan Anggota REAKSI Perwakilan SMA 1 Losari dan MA SGJ
At The End, Jargon REAKSI!!
Jadilah GENERASI MUDA yang BERKUALITAS, SEHAT dan SEJAHTERA serta membawa PERUBAHAN untuk LOSARI

Writer: S.Sitorus

“Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu”
#LosariSehat #SayaPencerah #PencerahNusantara #REAKSI
#Panglima #Kamibergerak #PN5Cirebon #PuskesmasLosari

0 komentar :

Posting Komentar