Sabtu, 07 Oktober 2017

PUSKESMAS LOSARI GOES TO AKREDITASI


Senin, 2 Oktober 2017, merupakan hari pertama proses penilaian akreditasi oleh Tim Surveior Akreditasi Puskesmas, Komisi Akreditasi FKTIP Kementerian Kesehatan RI. Tim akreditasi terdiri dari Ibu Gusti Sumarsih, S.Kep, M.Biomed; Ibu Sri Waras, SKM; dan Ibu dr. Maya. Proses penilaian tersebut berlangsung selama 3 hari (2-4 Oktober 2017). Tim surveyor disambut oleh seluruh pegawai puskesmas dan tim Pencerah Nusantara. Terlihat wajah sembab dan capek setelah melewati proses persiapan hampir 10 bulan. Tim pencerah nusantara selalu mendampingi mulai pagi hingga pagi dalam penyelesaian dokumen dan mengawal proses berjalanan sistem manajemen puskesmas sehingga seluruh pegawai terlibat dan mengetahui proses yang benar.


Penyambutan Tim Surveior Akreditasi oleh Seluruh Pegawai Puskesmas

Tim Pencerah Nusantara (PN) di UPT Puskesmas DTP Losari berperan sebagai pendamping dalam proses akreditasi yang disebut dengan PERAK (Pendamping Akreditasi) di programnya dengan indikator “terakreditasi” pada Laporan T2 ke Pusat. Sebenarnya, puskesmas ini sudah memiliki pendamping dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon untuk masing-masing POKJA (ADMEN, UKM, dan UKP) dan bekerjasama dengan tim PN untuk implementasi kegiatan-kegiatannya.

             Tim Pencerah Nusantara Mendampingi Sebelum Penilaian

“Puskesmas ini memiliki potensi dengan Sumber Daya Manusianya yang masih muda-muda, implementasi instrument akreditasi sudah baik dari puskesmas yang lain. Proses akreditasi bukan akhir dari peningkatan mutu, tetapi awal dari berjalannya sistem sesuai dengan elemen penilaian akreditasi dan sistem manajemen puskesmas”, ungkap Salah satu surveyor akreditasi saat melakukan penilaian di hari terakhir. Selain itu, Puskesmas losari telah berproses untuk menjalankan Audit Internal dan Manajemen Resiko tahun 2017 dan terus melakukan perbaikan dan pengkajian terhadap input, proses, dan output puskesmas.


Kebersamaan Pegawai Puskesmas, Tim Surveior, dan Pendamping Dinkes (Ruangan Penilaian)

Perpisahan dengan Tim Surveior dan Menyanyikan Lagu “Kemesraan”

Hari terakhir penilaian, puskesmas melakukan perbaikan dokumen secepatnya dan memberikan konfirmasi sehingga pegawai puskesmas mengetahui apa yang akan dilakukan selanjutnya. Penilaian akreditasi sudah selesai dan saatnya untuk “step by step” menjalankan dan mengintegrasikan 776 Elemen penilaian dari 3 POKJA (Administrasi dan Manajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat, Upaya Kesehatan Perorangan) yang ada.


Tim PN, Kepala Puskesmas dan Surveyor FKTP Makan Malam Bersama di Salah Satu Rumah Makan Seafood dan Mengantar kembali surveyor ke Hotel Apita, Cirebon

“TULISLAH APA YANG KAMU KERJAKAN, DAN KERJAKAN APA YANG KAMU TULIS”

Writer: S.Sitorus
“Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu”
#LosariSehat #SayaPencerah #PencerahNusantara #PERAK #PINTAS
#Panglima #Kamibergerak #PN5Cirebon #PuskesmasLosari


0 komentar :

Posting Komentar