Rabu, 28 Juni 2017

LEBARAN (KITA) DI TANAH LOSARI


"Often we more easily forgive someone who has done wrong than to forgive a man who was telling the truth"
Dua purnama sudah kita lewati bersama, Bulan Ramadhan sudah berakhir dan memasuki Bulan Syawal. Hari Minggu tepatnya pada tanggal 25 Juni 2017, tim Pencerah Nusantara (PN) 5 merasakan suasana lebaran dengan keluarga baru (jauh dari kampung halaman). Syafriana (Medan), Maria (Blora), dr.Fina (Padang), Amelia (Padang), dan Ibnu W (Kalimantan), satu pun dari mereka tidak bisa cuti karena belum 3 bulan di daerah penempatan. Selain itu, dokter PN juga mendapatkan jadwal jaga untuk Posko Mudik Lebaran. Puskesmas Losari merupakan puskesmas perbatasan dan berada di jalur pantura sehingga pasien di puskesmas ini banyak khususnya pasien KLL (Kecelakaan Lalu Lintas). Namun, Malam takbiran diisi dengan kegiatan arak-arakan dari perwakilan setiap Musholla di Desa Mulyasari. Malam itu, kemeriahan lebaran terlihat di setiap sudut desa diiringi dengan gema takbir.

Tim PN5 Bersama Mba Arofah Berfoto di Arakan Pemenang I
Makan Khas Losari (Sayur Cabe)

Pagi harinya, Lebaran Pertama (Minggu, 25 Juni 2017), Tim PN Cirebon 5 berangkat untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di Mesjid Baiturrahman, Ambulu. Sepanjang perjalanan, kita melihat keramaian dan keceriaan memeriahkan Idul Fitri bersama keluarganya. setelah sholat, kita mendapat undangan makan di rumah Bidan Diana (Desa Ambulu) dengan menu khas Losari “Sayur Cabe”. Setelah itu, kita melanjutkan touring Silaturrahmi ke Rumah Mba Arofah (Desa Mulyasari), Buk Atun (Desa Losari Lor), dan Buk Eka (Desa Panggangsari). Bahkan kita mendapat kiriman dari tetangga dan makanan khas idul fitri yang cukup untuk menemani kami bercengkrama malam.

Lebaran kedua (Senin, 26 Juni 2017),Tim PN Cirebon 5 melanjutkan agenda silaturrahmi ke rumah Pak Kholil (Lebeh/ Kaur Kesra Panggangsari), Pak Aliudin (Kuwu Losari Kidul), Buk Nining (Kader Losari Kidul), Pak Andi (Panggangsari), Buk Kader (Desa Tuk Sari), dan Buk Hj.Heni (Desa Ambulu).
Foto Tim PN Cirebon Bersama Keluarga Kuwu Losari Kidul

Foto Tim PN Cirebon Bersama Kaurkesra Desa Panggangsari dan Kader Desa Losari Kidul

Foto Bersama Tim PN dengan Bapak dan Ibu Polsek
Lebaran ketiga (Selasa, 27 Juni 2017),Tim PN Cirebon 5 sudah mengagendakan silaturrahmi ke rumah Pak Kapolsek Losari, Zufrin di Kota Cirebon. Sebelumnya kita sudah mendapatkan konfirmasi lewat leader untuk mengosongkan agenda pada hari tersebut. Titik kumpul berada di Polres Losari yang berada didepan gang dari rumah tim PN. Kami berangkat bersama Pak Zufrin (yang ternyata berasal dari Padang) dan Pak Agus menaiki mobil beliau. Di rumah beliau, kita disambut dan disajikan makanan khas padang. Siangnya, kami melanjutkan agenda untuk menjenguk Mba Anah (salah satu staff puskesmas yang kece badaiii).

Setelah bercerita dan makan bersama lagi, kami melanjutkan perjalanan mengunjungi rumah camat Losari (Bapak Cholik) ditemani oleh suaminya mba Anah. Setibanya dirumah, kami menelfon dan mendapatkan kabar bahwa beliau sedang menjenguk keluarganya yang dirawat di rumah sakit. Namun, beliau mengundang kami untuk menghadiri acara halal bi halal malam harinya. Akhirnya kami pulang ke rumah dan istirahat. Setelah isya, kami berangkat ke lokasi pertemuan yaitu Rumah Pak Memet. Pertemuan itu dihadiri oleh 20 komunitas losari termasuk dari Sanggar Tari Nani Topeng Losari ditemani dengan suguhan khas-khas losari yang selalu ada. Pertemuan tersebut membahas tentang rencana pengadaan Festival Budaya Losari dan budaya-budaya (seperti biasa, mereka banyak menggunakan bahasa jawa yang kita tidak pahami. Dan kita hanya tersenyum sambil berkat “ngeh”).


Foto bersama Tim PN dengan Camat dan Perwakilan Komunitas Losari

            Lebaran selanjutnya, Tim PN Cirebon 5 bersilaturrahmi ke rumah-rumah tetangga, rumah pak RT, pak Ustadz, dan pegawai puskesmas yang berada disekitaran losari. Tim Pencerah Nusantara juga menghabiskan waktu liburan untuk mengeksplor kekayaan alam bersama dengan pegawai puskesmas sehingga lebaran (kita) ini tidak terasa sunyi walaupun jauh dari keluarga. *at the end

Writer: S.Sitorus
“Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu”
#LosariSehat #Panglima
#PN5Cirebon #kolbaroasi #tidakpulangkampung #lebarankita

#PuskesmasLosari #lebaranbersamakeluargalosari

0 komentar :

Posting Komentar