Selasa, 03 April 2018

“ENGLISH FUN”, METODE KELAS BELAJAR PADA ANAK-ANAK PANGGANGSARI



Menyenangkan saat berbagai ilmu dengan anak-anak yang luar biasa keinginan untuk belajarnya.

         Kegiatan kelas belajar merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap minggunya. Kelas belajar ini diikuti oleh anak-anak panggangsari yang sangat bersemangat untuk memperlajari tentang bahasa inggiris. Setelah pindah rumah, kegiatan ini jarang dilakukan hingga 2 bulan terakhir. Seminggu, anak-anak belajar dengan pencerah nusantara sebanyak 2 – 3 kali. Kegiatan dibawah ini terakhir kalinya 
Foto terakhir kak Ana bersama anak-anak sekaligus memberikan kenangan buku English Fun untuk Rumah Belajar Panggangsari

      Orangtua anak-anak juga sangat senang dengan kehadiran kami yang datang untuk melaksanakan kelas. Anak-anak yang diajar juga beragam, ada yang masih SD, SMP dan bahkan TK atau belum sekolah. Mereka bersemangat karena melihat temannya yang lain. Materi yang diajarkan juga bermacam yaitu perkenalan dasar, mengenal lingkungan sekitar, menanyakan kabar, mengenal peralatan sekitar mereka. Mereka menerima pelajaran dengan baik dan sebelum pelajaran dimulai, akan dilakukan review pelajaran sebelumnya. 
Anak-anak sedang belajar dengan kak Ina tentang "Fruits"
Aira, belajar mengenal huruf dan belajar menggambar bersama Kak Ana

Anak-anak bermain setelah belajar
Sebelumnya, mereka tidak hanya belajar bahasa inggris, tetapi juga Matematika dan Pelajaran dasar lainnya. Namun, anak-anak ini lebih tertarik dengan bahasa inggris sehingga kita fokus untuk mengajarkan bahasa inggris dengan metode menyenangkan. Metodenya yaitu melihat langsung alam, bermain, bernyanyi, video, mengoreksi temannya, dan lain-lain. 

Kegiatan ini biasa dilakukan sore hari saat anak-anak selesai Mengaji di Musholla Panggangsari. Tetap semangat anak-anak ku, “hafal kaji karena diulang”.  Selalu mengulang materi yang diberikan dan jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengajarkan. sayangnya, tidak ada aktor lokal yang meneruskan kegiatan ini sehingga apa yang dipelajari, takutnya bisa lupa. 


“Jadilah seperti air hujan, yang mengaliri sawah untuk memanen padi yang perlu menunggu”
Penulis: S.Sitorus
“Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu”
#LosariSehat #SayaPencerah #PencerahNusantara #Panglima #Kamibergerak #PN5Cirebon #PuskesmasLosari #Menginspirasi #Berbagi #BahagiaSederhana

0 komentar :

Posting Komentar